Sabtu, 21 April 2012

Weekly News ( Berita Mingguan )

Beberapa dari kita mungkin sudah tahu, Mading itu adalah karya para siswa yang berisikan kliping informasi serta pengetahuan dari berbagai sumber. Biasanya majalah dinding tersebut ditempelkan di papan-papan yang telah disediakan di sekolah-sekolah. Namun seiring berkembangnya zaman sekarang ini minat untuk membuat mading meningkat, sehingga papan-papan yang memuat mading tersebut tak mampu lagi untuk menampung hasil karya dari para siswa. Tapi dengan adanya sistem mengganti isi mading satu minggu sekali, maka siswa tidak perlu khawatir lagi jika mading tersebut tidak ditampilkan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat mading :
  1. kemauan untuk menulis.
  2. terus belajar dan mau menggali informasi.
  3. punya sikap ingin tahu tentang semua hal di sekitarnya. 
  4. mengoreksi semua kekurangan dalam setiap penulisan.


       Dengan persiapan tersebut, maka mading yang akan ditampilkan dapat menjadi menarik dan juga tulisan yang ada di mading tersebut banyak yang membacanya. Majalah informasi, adalah salah satu manfaat/ fungsi dari sebuah mading, contohnya di dalam mading itu membahas seputar global warming, dengan adanya tulisan itu, maka seseorang dapat tahu bahwa global warming itu seperti apa, akibatnya apa dll. Kemudian mading itu juga berfungsi papan informasi atau papan pengumuman, misalnya pengumuman kegiatan lomba sekolah, seminar, workshop dan lainnya jadi mading itu tidak hanya berisi artikel atau tulisan tapi juga informasi aktual yang ada di sekolah anda.

      Isi mading bisa bermacam-macam, misalnya Berita-berita dan info yang menarik perhatian para siswa, guru, dan karyawan : Hasil karya siswa, termasuk bakat desain dan kepenulisan juga Kliping dari media massa. Kunci sukses dalam pembuatan mading adalah adanya rasa memiliki di kalangan siswa, slogan “dari siswa untuk siswa” Kedekatan pemberi dan penerima informasi yang tersaji di mading dan Manajemen pengelola atau keredaksian.
    
      Untuk membuat mading, diperlukan teknik pengelolaannya yaitu pertama rencanakan isi dari sebuah mading misalnya saja temanya budaya Kepulauan Anambas, maka isi dari mading tersebut hal-hal seputar kebudayaan Kepulauan Anambas, setelah merencanakan isi lalu lakukankanlah peliputan atau seperti melakukan wawancara pada seseorang yang dianggap bisa memberikan info yang menarik tentang kebudayaan di Kepulauan Anambas sesuai rencana isi. Wawancara tersebut bisa dari guru, teman bahkan jika kita mau berusaha, kita bisa melakukan wawancara dengan pakar/ahli kebudayaan Kepulauan Anambas. Dari hasil peliputan atau wawancara, maka dibuatlah berita yang semenarik mungkin dari hasil peliputan. Tahap terakhir adalah mendesain perwajahan dari mading tersebut maksudnya adalah mendekorasi, melakukan peletakkan di mana tulisan ini diletakkan, meletakkan gambar-gambar atau hiasan-hiasan yang akan dibuat pada mading itu.
   
        Untuk membuat mading perlulah dukungan terus-menerus dan motivasi dari pembimbing serta kepala sekolah. Jangan sampai mading itu kurang informasi, tidak ada dan tidak dikelola bahkan tidak ada sama sekali, karena mading merupakan media kreasi, bakat dari para siswa yang patut dikembangkan.

        Weekly News ( Berita Mingguan ) dari Pustaka Hydron, merupakan cerita yang diambil dari Internet, yang mengisahkan tentang beberapa kejadian kehidupan, sains dan teknologi, dan beberapa artikel lainnya, yang mulai sekarang akan ikut menyumbang informasi di beberapa mading di titik layanan peminjaman buku yang ada di Palmatak dan Tarempa, Kepulauan Anambas, Propinsi Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar