Selasa, 03 Maret 2015

apa itu E-DDC ?

Kawan sekalian, kali ini saya akan sedikit menjelaskan apa yang saya tahu tentang klasifikasi yang ada di perpustakaan.
Di sebuah perpustakaan, ada beberapa berjajar rak yang mempunyai kode masing masing, kode ini menujukan jenis buku termasuk dalam kategori apa, saya ambil contoh dengan gambar dibawah :

Pada gambar selain ada kode angka 000 - 900 yang masing masing mempunyai bidang ilmu yang berbeda beda, juga ada disampingnya sebuah kode warna, kode warna akan memudahkan kita jika ada nomor berbeda klas dalam satu rak, maka akan terlihat kode warna berbeda di satu rak tersebut.

Pustakawan akan dengan mudah meerapikan buku yang berserakan selepas dibaca oleh pemustaka, dengan cukup melihat label warna pada punggung buku. Untuk warna kode tidak harus sama dengan contoh gambar ini, karena tidak ada aturan baku untuk pewarnaan label klas besar.

untuk software E-DDC bisa di download disini http://www.e-ddc.org

Setelah membahas tentang sofware yang membantu kita untuk memilah judul sesuai dengan klas masing masing, maka hal lain yang perlu dimiliki oleh seorang pustakawan untuk dapat meng entry koleksi buku yang ada, memasukan data peminjaman, melihat koleksi dan judul yang banyak dipinjam, serta melihat jenis buku yang banyak dipinjam dan lain sebagainya, maka seorang pustakawan harus memiliki software untuk pengelolaan Perpustakaan.


SLiMS ( Senayan Library Manajemen System ) adalah salah satu software perpustakaan yang bisa diunduh gratis, sofware ini Opensource, atau bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita. Sotware ini dapat di Download di : http://slims.web.id/landing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar