Selasa, 11 April 2017

Tari Topeng dari Desa Candi Kab. Kepulauan Anambas

Penulis bersama Penari Topeng
.
Kabupaten Kepulauan Anambas adalah salah satu kabupaten terdepan dan terluar NKRI yang memiliki geografis kepulauan. Potensi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mulai dikenal baik nasional maupun internasional. Dengan keindahan potensi alam Kabupaten Kepulauan Anambas membuat kita lupa bahwa kita juga memiliki aset yang sangat berharga yaitu Seni dan Budaya. Salah satu seni dan budaya yang ada yaitu Tari Topeng terdapat di Desa Candi Kecamatan Palmatak. 

Tari Topeng yang berasal dari Cesa Candi memiliki nilai sejarah sangat panjang akan peninggalan terdahulu. Dimana tari Topeng yang memiliki 12 jenis topeng dengan karakter yang berbeda dan bahan topeng terbuat dari kulit kayu.


Tari Topeng desa Candi


Tari Topeng desa Candi
Tari Topeng di desa Candi biasanya ditampilkan pada acara-acara yang ada dimasyarakat desa seperti pesta pernikahan, memperingati ulang tahun desa, acara muda-mudi dan sebagainya. Tentu penampilan tari topeng dengan kostum dan tingkah laku yang unik serta lucu menjadi hiburan yang menarik yang rugi apabila kita tidak menontonnya. Para penari tari topeng dengan pakai serba hitam dan memakai topeng akang mengiringi alunan lagu yang dimainkan.

Semoga tari topeng yang berada di desa Candi kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas terus dilestarikan sebagai suatu kebanggaan seni dan budaya lokal sehingga dikenal dan menjadi  tontotan menarik para wisatawan yang datang ke Kabupaten Kepulauan Anambas.


Penulis: Dedi Syahputra, Komunitas Seni Budaya Kab. Anambas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar