Rabu, 27 Maret 2013

Transfer Pengetahuan petugas layanan Mobil Pustaka Hydron

"Pustaka Hydron" merupakan program Perpustakaan Keliling dengan menggunakan Mobil diwilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Propinsi Kepulauan Riau. Ada dua pulau yang berada yang terlayani oleh Mobil Pustaka Hydron, Pulau Palmatak dan Pulau Tarempa yang merupakan dua pulau yang sudah mendapatkan layanan peminjaman koleksi buku dari Mobil Pustaka Hyron selama lebih dari satu tahun. 

Layanan Peminjaman di Madrasah Aliyah Negeri Payalaman, Kec. Palmatak
Ada 14 titik layanan Mobil Pustaka Hydron di Pulau Tarempa dan 18 titik lagi berada di Pulau Palmatak, kedua Mobil Pustaka Hydron melayani peminjaman disekolah maupun di tempat umum, hari senin hingga sabtu mobil akan melakukan layanan di 2 atau 3 titik yang berbeda dengan ber rotasi disetiap minggunya. Lama peminjaman koleksi buku satu minggu, dengan ketentuan satu anggota satu koleksi buku. Anggota Perpustakaan Keliling " Pustaka Hydron " sangat bervariasi dan hampir dari semua elemen masyarakat, mulai dari siswa Sekolah Dasar hingga tingkat SLTA, dari PNS hingga Petani dan Nelayan.

Mobil Pustaka Hydron merupakan salah satu program CSR ( Corporate Social Responsibility ) ConocoPhillips Indonesia yang melakukan eksplorasi di Wilayah Kepulauan Anambas,
Propinsi Kepualaun Riau dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia sebagai pelaksana programnya.

Petugas dari UPTD Diknas Palmatak melakukan layanan Peminjaman Buku
Mobil Pustaka Hydron dengan dua unit Mobilnya yang telah melayani masyarakat di dua pulau di Kepulauan Anambas, akan diserah terimakan dari ConocoPhillips Indonesia kepada Pemerintah Daerah setempat untuk selanjutnya diteruskan Operasionalnya untuk melakukan peminjaman koleksi buku untuk Masyarakat di Kepulauan Anambas. Sebelum proses Handover dilakukan maka ada beberapa yang perlu dipersiapkan diantaranya transfer pengetahuan dari petugas layanan sebelumnya ( Team YPPI ) kepada petugas dari Pemerintah Daerah, dalam hal ini dibawah UPTD DIKNAS masing-masing Kecamatan yang nantinya akan melanjutkan kegiatan peminjaman koleksi buku kepada Masyarakat.

Ada dua orang dari masing-masing UPTD Diknas untuk dibekali beberapa pengetahuan tentang layanan peminjaman di Mobil Pustaka Hydron, pembekalan sudah dilakukan mulai bulan januari 2013, hingga sekarang petugas yang melakukan transaksi peminjaman sudah dilakukan oleh tenaga dari UPTD Diknas masing - masing Kecamatan, sehingga persentase aktivitas yang dilakukan Team YPPI akan berangsur berkurang dan hingga akhirnya dirasa siap untuk dilakukan Hand Over Mobil Pustaka Hydron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar