Selasa, 28 Januari 2014

"Buku adalah kebutuhan, seperti halnya udara atau air!"

Beberapa dari Kita mendapatkan koleksi buku dari perpustakaan umum di kota tempat kita berada atau bahkan di perpustakaan sekolah jika kita masih berstatus pelajar ? Di banyak daerah terpencil di dunia, tidak ada bangunan perpustakaan, bahan bacaan merupakan hal yang langka didaerah yang terisolir.
Di banyak negara, buku disampaikan dalam cara yang tidak biasa: dengan armada bus, perahu, gajah, keledai, kereta api, bahkan oleh gerobak dorong. Apakah pustakawan akan sedikit kesulitan jika
harus menata koleksi buku di punggung gajah atau mengemudi bus di tempat yang sangat jauh untuk memberikan layanan peminjaman buku kepada masyarakat ? Karena, ada beberapa pustakawan yang mengatakan bahwa, "Buku adalah kebutuhan , seperti halnya udara atau air!"
Di Mongolia, seorang pustakawan memberikan layanan buku dengan menggunakan jasa Unta. Di sebagian daerah terpencil di eropa lebih menggunakan kendaraan Truk dan Bus untuk membawa koleksi buku kepada Masyarakat karena akses jalan yang sudah bagus, sehingga kendaraan besar bisa mengakses daerah mereka.

Di Negara Tropis di sebagian Asia yang mempunyai hutan hujan akan berbeda dengan geografis di Eropa, banyak hutan yang harus dilintasi untuk bisa menuju ke sebuah desa yang berada dipedalaman, harus melalui jalan setapak dengan kontur tanah yang berkelok. Gajah, Keledai, Kuda dimanfaatkan sebagai Perpustakaan keliling di daerah yang terisolir dengan sebagian besar.

Pustakawan merupakan Enterpreneur masa depan pembuka cakrawala dunia bagi semua, ide kreatif harus selalu muncul untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat, salah satunya melalui koleksi buku yang menjadi bagian dari sebuah Perpustakaan.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar