Kamis, 06 Februari 2014

Jadikan toko buku dan perpustakaan sebagai referensi untuk bermain dan beraktifitas Anak kita...

Membaca adalah kegiatan positif yang sangat baik dilakukan anak sejak dini. Dengan membaca, informasi bisa didapatkan. Melalui membaca anak-anak akan mendapatkan hiburan untuk mengusir rasa bosan dan mengisi waktu senggangnya.

Anak yang rajin membaca sejak kecil, berpotensi menjadi anak yang cerdas. Melalui aktivitas membaca, seringkali ia menemukan kosakata baru yang belum diketahui sebelumnya, lalu ia tanyakan kepada orang tua. Dari sini, tentu berbagai pengetahuan baru akan ia dapatkan. Anak akan tumbuh menjadi anak yang kritis dalam menerima informasi yang sampai kepadanya, karena ia memiliki banyak referensi sebelumnya yang telah ia dapatkan dengan membaca.

Berikut ini strategi yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak :


  • Memberi contoh, bukan memaksanya untuk membaca
Mengajak anak membaca, dengan menjadi contoh baginya. Jangan menyalahkan anak kalau tidak suka membaca, jika kita sebagai orang tua tidak memberikan contoh kepadanya. Bukannya anak sangat suka untuk menirukan sesuatu yang dia lihat dan dia dengar ?, Ibu akan menjadikan Motor Keluarga Baca bagi lingkungan keluarga.

  • Menyediakan Bahan Bacaan sesuai dengan Hobi Anak
Berbagai bacaan bisa diperkenalkan kepada anak sesuai dengan usianya. Buku-buku menarik mulai dari buku cerita bergambar, buku humor anak, buku latihan membaca, novel anak, dan komik, dapat dengan mudah dibeli di toko buku atau meminjam di Perpustakaan yang ada di Kota Anda berada. Biasanya, anak menyukai jenis buku tertentu yang membuatnya betah berlama-lama dengan bukunya. Hal ini harus ibu ketahui sebelumnya, sehingga saat membelikan buku untuk anak pun sesuai dengan minatnya. Kalau sudah begitu, tentu anak akan lebih antusias untuk membaca buku favoritnya lembar demi lembar sampai selesai.

  • Dongeng akan membuat imajinasi anak bekerja lebih baik
Anak usia balita, memiliki kemampuan membaca yang masih minimal. Orangtua bisa membiasakan diri untuk membacakan cerita atau dongeng kepadanya. Saat mendengar cerita yang Anda baca, tak jarang ia mengenal kosakata baru, nilai-nilai baru, dan pengetahuan baru lainnya. Gaya mendongeng yang menarik akan membuat imajinasi anak bekerja lebih baik. Semakin besar, seiring dengan kemampuannya membaca dan menulis, ia pun akan penasaran dengan buku-buku dongeng lain yang tidak kalah seru dengan apa yang pernah mereka dengar dari bacaan dongeng orangtuanya.

  • Penghargaan atau hadiah berupa Belanja Buku 
Di Toko Buku, anak akan dengan mudah mencari koleksi buku sesuai dengan keinginannya. Menjadikan kebiasaan untuk mengajak anak ke Toko Buku merupakan kegiatan positif sebagai reward atau penghargaan terhadap prestasi yang didapatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar