Sabtu, 26 Oktober 2013

Unit ke-tiga(3) Pustaka Hydron di Pulau Jemaja

 Mobil Pustaka Hydron melakukan layanan peminjaman buku di sekolah di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Mobil Perpustakaan Keliling unit ke-3 ini melakukan layanan perdana pada 20 Okt 2013, Mobil Perpustakaan Keliling unit ke-3 ini merupakan tambahan dari dua (2) unit sebelumnya yang sudah melakukan layanan peminjaman buku kurang lebih satu tahun di Pulau Palmatak dan Pulau Siantan.
Ketiga unit Mobil Hydron, Mobil Perpustakaan Keliling ini merupakan salah satu Program CSR (Corporate Social Responsibility) dari Conoco Phillips bekerjasama dengan YPPI ( Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia ).

Mobil Pustaka Hydron melayani peminjaman koleksi buku di beberapa sekolah dan tempat umum. Koleksi buku yang ada di Mobil Pustaka Hydron beragam, mulai dari prediksi soal - soal ujian hingga sains, mulai dari cara membuat kue, masakan hingga berternak dan berwirausaha, buku Motivasi Psikologi serta Novel juga tersedia.

Satu tahun dua(2) unit Mobil Pustaka Hydron telah melakukan layanan di Pulau Palmatak dan Pulau Tarempa, mulai terlihat peningkatan minat baca. Hal ini ditandai dengan dinantinya setiap kali kunjungan rutin di masing masing sekolah dan tempat umum, para pemustaka menunggu hadirnya Mobil Hydron di lingkungan sekolah maupun lingkungan Desa ataupun Kelurahan.

Mayoritas dari pemustaka adalah anak Sekolah Dasar yang meminjam koleksi buku Komik Sains, Cerpen ( KKCK ) Kecil- Kecil Punya Karya dan bacaan anak lainnya. Remaja yang menjadi anggota di Mobil Hydron lebih cenderung ke buku Kesusastraan atau Novel, serta buku motivasi, walaupun kadang ada beberapa siswa remaja yang meminjam koleksi buku agama. Untuk Pemustaka dewasa di Mobil Hydron lebih cenderung membaca koleksi buku Agama, dan Ilmu Terapan diantaranya memasak dan membuat kue untuk para ibu. Beberapa buku penunjang guru dalam mengajar juga sangat digemari oleh para pengajar, salah satu judul bukunya adalah Positive Teaching yang sembat dibedah bukunya dan pasca dibedah para Guru banyak yang memesan untuk menjadikan buku Positive Taeching sebagai koleksi pribadi.

Semoga dengan adanya Mobil Hydron unit ke-3 untuk Pulau Jemaja akan menjadikan budaya baca di Pulau Jemaja dan Kepulauan Anambas pada umumnya untuk mewujudkan tercapainya masyarakat yang cerdas dengan membaca.Ada beberapa kalangan menganggap minat baca di masyarakat Indonesia masih rendah, di lapangan yang terjadi adalah koleksi buku dengan jumlah penduduk tidak sesuai, jadi kalau ada pendapat seperti itu harusnya mereka melihat kondisi di lapangan, sudahkah masyarakat kita, kita sodorkan oleh berbagai judul buku ? yang mungkin diantaranya akan menjadi sebuah buku favorit untuk mereka. saya menganalogikan untuk minat baca dan pendapat dari beberapa tokoh yang mengatakan masyarakat indonesia minat bacanya rendah, dengan mengatakan masyarakat indonesia tidak suka makan, padahal kita belum menyajikan berbagai menu makanan di meja...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar