Kamis, 07 Februari 2013

Akses Jalan dan Akses Informasi

akses jalan menuju SMAN 1 Siantan

Semakin luas akses jalan yang bisa dijangkau oleh Mobil " Pustaka Hydron " maka akan semakin luas akses informasi yang diperoleh masyarakat dengan membaca melalui media buku di Kepulauan Anambas.

Kabupaten Kepulauan Anambas yang baru berusia empat tahun, yang sebelumnya merupakan wilayah kabupaten Natuna. yang mulai memekarkan diri pada tahun 2008 yang lalu. Mulai menunjukan geliat pembangunan daerah, itu terlihat dari beberapa pembangunan Insfratuktur jalan yang mulai ada menunjukan perkembangan yang bagus.


Layanan di SMAN 1 Siantan dengan Mobil
Layanan peminjaman Sebelum dengan Mobil Pustaka Hydron
Guru SMAN 1 Siantan yang berkunjung ke Mobil " Pustaka Hydron "
Pada hari Kamis, 07 Februari 2013, pada pukul 09.30 - 11.30 WIB, Pustaka Hydron melakukan jadwal layanan rutinnya ke SMAN 1 Siantan. Mobil Pustaka Hydron melakukan layanan perdananya ke titik layanan yang dulu belum terjangkau oleh Mobil Pustaka Hydron dikarenakan akses jalan yang masih belum ada untuk sebuah kendaraan beroda empat yaitu di titiklayanan SMAN 1 Siantan dan Desa Antang. Setelah terselesaikannya pembangunan jalan menuju desa antang dari tarempa yang merupakan pusat kota kabupaten di kepulauan anambas, hal ini membawa dampak perkembangan yang cukup bagus pada layanan mobil pustaka hydron yang
bisa masuk ke titik layanan yang sebelumnya tidak bisa diakses Mobil Pustaka Hydron, semakin banyak jalan yang akan terselesaikan nantinya maka akan sangat membantu kegiatan mobil pustaka hydron untuk bisa menjangkau desa lain yang juga membutuhkan layanan perpustakaan keliling untuk menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat di desa yang masih terisolir dari akses darat pada khususnya.

Perubahan respon dari para siswa SMAN 1 Siantan maupun guru tampak ketika mobil pustaka hydron parkir di halaman sekolah mereka untuk pertama kalinya. Dulu, ketika insfratuktur jalan belum selesai dikerjakan dan mobil belum bisa menembus beberapa titik layanan, maka hanya dengan sebuah kotak plastik dengan beberapa buku didalamnya, pustaka hydron melakukan layanan di SMAN 1 siantan dan Desa Antang.

Tampilan sebuah Mobil Perpustakaan keliling yang menarik, mungkin salah satu kata yang bisa mewakili ketika banyak siswa dan guru yang mulai menjadi anggota perpustakaan keliling " Pustaka Hydron " ini ketika Pustaka Hydron melakukan layanan perdana dengan menggunakan Mobil. Layanan dengan Mobil Pustaka Hydron yang pertama kali dilakukan cukup membangkitkan antusias para siswa dan guru, dan bisa dibuktikan dengan jumlah transaksi peminjaman meningkat dan beberapa siswa dan guru yang menjadi anggota Pustaka Hydron.
Membangun masyarakat cerdas dengan membaca merupakan dengan berpegang apa ajaran Ki Hajar Dewantara yang menerapkan Tri Pusat Pendidikan :
  1. Pendidikan di lingkungan keluarga
  2. Pendidikan di lingkungan Sekolah
  3. Pendidikan di lingkungan Organisasi Pemuda
semoga dengan Tri Pusat Pendidikan diterapkan di Kabupaten Kepulauan Anambas, maka akan tercipta masyarakat yang cerdas dan guna tercapainya pembangunan Anambas yang maksimal.
sukses untuk semua...salam literasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar