Minggu, 03 Februari 2013

Minat Baca dan Fasilitas Pendukungnya.

Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Kabupaten Kepulauan Anambas berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Natuna yang terdiri atas 7 Kecamatan :
  1.     Kecamatan Siantan.
  2.     Kecamatan Palmatak.
  3.     Kecamatan Siantan Timur.
  4.     Kecamatan Siantan Tengah.
  5.     Kecamatan Siantan Selatan.
  6.     Kecamatan Jemaja Timur.
  7.     Kecamatan Jemaja.
Kabupaten Kepulauan Anambas mempunyai batas-batas wilayah:
  •      sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan;
  •      sebelah timur berbatasan dengan Laut Natuna;
  •      sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Tambelan; dan
  •   sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan. sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepulauan_Anambas
 
Laut merupakan transportasi utama kehidupan dan perekonomian masyarakat yang ada di batasterluat Indonesia. Pada musim Angin Utara ( masyarakat menyebutnya ), merupakan puncak dari ombak dan arus yang kuat, sehingga beberapa jadwal kapal maupun perahu kecil kadang menjadi tertunda yang mengakibatkan beberapa bahan pokok yang banyak didatangkan dari Kota Tanjung Pinang, maupun dari Kota - kota lain di Indonesia menjadi tertunda kedatangannya, hal ini menyebabkan beberapa kebutuhan bahan pokok menjadi langka 
Layanan di Masjid Jami' Baiturrahim, Tarempa
 
Kalau kita berbicara tentang minat baca yang ada di masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat yang berada di kepulauan terluar Indonesia pada khususnya, ada perbedaan yang signifikan tentang minat baca masyarakatnya, hal ini disebabkan beberapa faktor yang melatarbelakangi kurangnya minat baca di masyarakat yang berada jauh dari fasilitas yang mendukung untuk melakukan hoby dan kebiasaan membaca, di kota besar di indonesia, yang banyak terdapat tempat layanan umum untuk membaca, bisa berupa perpustakaan daerah, mobil perpustakaan keliling, rumah baca, reading corner yang berada disetiap sudut mall, merupakan salah satu hal yang membedakan dengan fasilitas yang ada di masyarakat yang berada batas terluar Indonesia.

Layanan di SMAN 1 Siantan, Tarempa
Masyarakat di Kepulauan Anambas, terutama yang tinggal di Pulau Palmatak dan Pulau Tarempa sudah bisa menikmati layanan perpustakaan keliling " Pustaka Hydron ", layanan perpustakaan keliling ini sudah hadir di Kepulauan Anambas mulai Juni 2012, dan mempunyai 2 Mobil yang melalukan layanan di Pulau Palmatak dan Pulau Tarempa.
 
Kalau dibandingkan dengan di Kota besar di Indonesia, maka minat baca masyarakat di kepulauan tidak jauh beda, hal ini terlihat ketika ada layanan Mobil Perpustakaan Keliling " Pustaka Hydron ", masyarakat dengan antusias menyambut dan memanfaatkan jasa layanan peminjaman koleksi buku, kalangan anak yang mendominasi peminjaman, koleksi buku yang dipinjam sangat bervariasi, mulai dari Novel untuk remaja di tingkat SLTP dan SLTA. Komik Sains untuk pelajar SD, dengan format gambar yang menarik. Masyarakat umum lebih kepada buku ilmu terapan dan agama serta ragam ilmu psikologi. Ibu-ibu yang tidak mau ketinggalan dengan buku resep masakan maupun kue yang belum mereka kenal sebelumnya untuk bisa diaplikasikan dalam memasak dan pembuatan kue keseharian.
 
Layanan " Pustaka Hydron" di Desa Karang Tikar
 Desa Karang Tikar, merupakan salah satu desa yang berada di Pulau Tarempa, di desa ini Pustaka Hydron melakukan layanannya pada hari Selasa sore, setelah melakukan layanan di Desa Arung Hijau. Dari Kota Tarempa menuju ke Desa Arung Hijau, maka akn melewati Desa Karang Tikar, sehingga ketika Mobil Hydron melintas wilayah desa karang tikar untuk melakukan layanan di desa arung hijau, maka anak-anak yang berada di desa karang tikar sudah mempersiapkan koleksi buku yang akan dikembalikan untuk meminjam koleksi buku baru yang ada di Mobil Hydron.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar